PSS Bawa Kebanggan Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta

  • admin
  • 11/12/2018
  • Comments Off on PSS Bawa Kebanggan Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta

Liga kasta kedua sepakbola Indonesia telah menemui ujungnya. Sederet kisah telah terukir sejakApril hingga akhir tahun 2018. Para kontestan saling sikut demi perebutan 3 jatah promosi ke Liga 1 musim depan. Kini tersisa 2 tim yang akan bermain di laga puncak. Di partai final, tahta juara akan diperebutkan oleh PSS Sleman danSemen Padang di Stadion Pakansari (4/12).

Final Liga 2 ini adalah usaha Seto untuk mematahkan sebuah kutukan, pasalnya PSS adalah tim kuat pada musim-musim sebelumnya, tetapi selalu kandas di tengah jalan, padahal dipunggawai oleh para pemain berkelas. Salah satu contohnya adalah final melawan PSCS Cilacap pada tourament ISC B tahun 2016 lalu.Perjuangan PSS di Liga 2 2018 berbuah manis. Super Elang Jawa atau Super Elja menutup musim ini dengan menyandang gelar juara setelah mengalahkan Semen Padang dengan kedudukan 2-0.

Stadion Pakansari Cibinong Bogor menjadi saksi bisu bagaimana Super Elja melibas lawannya malamitu. Kedua finalis maju ke perebutan gelar juara setelah mengalahkan lawannyadi semifinal. Semen Padang mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 3-2, danPSS menyingkirkan Kalteng Putra dengan hasil akhir 2-0.

Adanya pemutihan di lagafinal Liga 2 2018 ini membuat kedua kesebelasan turun dengan skuad terbaiknya dan menatap laga final ini dengan optimis. Kedua tim tidak melakukan perubahanpada starting line up ataupun pola permainan, Coach Syafrianto Rusliyang menukangi Semen Padang FC  memasangRendi Oscario sebagai penunggu bawah mistar gawang, di bek tengah tercatatNovrianto dan Ngurah Nanak, di dampingi Leo Guntara dan kapten Hengki Ardilesdi posisi bek kanan dan kiri. Gelandang tengah yang diisi oleh trio MandaCingi-Rudi-Fridolin Yoku. Di ujung tombak serang ditempati oleh IrsyadMaulana-Afriansyah- Riski Novriansyah.

Di kubu Laskar Sembada, Seto Nurdiantoro masih percaya pada winning elevennya,setelah absen pada babak semifinal saat menjamu Kalteng Putra, Ikhwan Ciptadi kembali merumput dalam misi memboyong piala ke Sleman,menggantikan Zamzani. Ega Riski masih tak tergantikan sebagai penjaga gawang. Trio stopper Ikhwan-Gufron-Bagus Nirwanto masih terpasang untuk melapisi pertahanan PSS menghadapi para penyerang dari Semen Padang, di gelandang bertahan ditempati oleh Amarzukih-Dave Mustainee- dan yang tak tergantikan Ichsan Pratama. Di lapisan terluar kubu Elang Jawa diisi oleh trio Rangga Muslim-Gonzales-Lastori, skuad favorit Coach Seto dan seluruhpendukung PSS. Musim ini PSS memang memiliki skuat yang sangat mewah. Selainmewah, kekuatan antarlini juga sangat merata. Dua gol kemenangan PSS dicetaklewat proses gol yang apik. Pada menit ke 17 lewat heading cantik oleh Cristian Gonzales, dan gol kedua PSS Sleman diciptakan melalui eksekusi Rifal Lastori yang bergerak cepat ketika bola memantul dari pelukan kiper Semen Padang pada menit ke-25. Skor 2-0 bertahan sampaipertandingan memasuki masa jeda.

Di babak kedua, permainan kedua tim lebih berimbang. PSS Sleman mengantisipasi serangan balik Semen Padang,tetapi tidak ada peluang membahayakan yang tercipta, di babak kedua ini pertandingan sempat dihentikan sementara pada menit akhir dikarenakan suporter menyalakan flare. Setelah laga dilanjutkan kembali, kondisi tetap tidak berubah,skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan untuk kemenangan PSS Sleman.

Pertandingan yang turutdihadiri puluhan ribu suporter itu merupakan sejarah baru bagi Elang Jawa.Perjuangan berat yang dilalui oleh pelatih dan seluruh punggawa, dan padaakhirnya hasil positif tetap berada di pihak PSS Sleman. Butuh waktu selama hampir 11 tahun untuk menanti Elang Jawa terbang tinggi, ini adalah sebuah penantian panjang dari seluruh pandemen sepakbola di Sleman, yang telah menunggu PSS bermain di kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Gelar juara, angkat piala, dan naik kasta, sebuah penuntasan yang sempurna dari Elang Jawa.

Stevanus Dewangga 130904955

Yosephine Isabela 150905849

Aditya Budi Rukmana 130905090

Gregorius Bramantyo 140905484

JMM kelas A