Mobile Photography: Pesaing Utama Kamera Digital

  • admin
  • 11/12/2018
  • Comments Off on Mobile Photography: Pesaing Utama Kamera Digital
Penulis: Sharon Aprilia

Yogyakarta— Mobile photography merupakan tren fotografi yang tengah hangat di kalangan masyarakat, khususnya generasi milenial. Populernya jenis fotografi tersebut sebagai hasil dari pesatnya perkembangan teknologi kamera pada ponsel pintar.

Saatini ponsel pintar dengan kamera beresolusi tinggi kian menjamur. Sebut saja brand besar seperti Apple dan Samsung.Keduanya tak henti memproduksi ponsel pintar dengan resolusi kamera tinggi yang cocok bagi mereka di luar sana yang gemar mengabadikan sebuah momen.

Aries Lukman, seorang mobile photographer sekaligus penggagas komunitas mobile photography terbesar di Indonesia, yakni Iphonesia, mengatakan kalau ketertarikannyaterhadap fotografi jenis ini, salah satunya disebabkan oleh teknologi kamera ponsel pintar yang semakin canggih.

“Sekarang smartphone yang mid-range saja sudah punya fitur yang setara dengan flagship model. Sehingga semakin banyak orang yang memiliki kesempatan untuk mengambil foto dengan kualitas yang baik,”tulis Aries dalam surelnya, Selasa (27/11/18).

Aries menambahkan kalau saat ini ponsel pintar terus digodok dari sisi hardware maupun software agar pengguna dimampukan untuk mengambil gambar lebih baik lagi. Ia pun menyinggung soal teknologi Artificial Intelligent yang dapat membantu meningkatkan kualitas gambar yang dipotret.

Diluar kamera ponsel pintar yang semakin meningkat kualitasnya, alasan tertariknya Aries pada mobile photography karena sifat ponsel yang pocketable dan praktis. Dalam waktu yang cepat ia bisa memotret suatu momen, menyuntingnya, lalu membagikannya di media sosial.

“Ponsel selalu ada di kantong saya. Jadi, saya dapat mengeluarkannya kapan pun untuk mengambil foto. Kedua, karena simpel. Mudah banget untuk digunakan dan sangat powerful untuk mengedit foto dan bisa langsung diunggah di media sosial,” jelas pria yang sudah menekuni bidang mobile photography sejak sepuluh tahun yang lalu itu.

Takhanya Aries, sifat kamera ponsel yang lebih ringkas juga diakui oleh Ignas Seta. Fotografer satwa sekaligus dosen fotografi di Universitas Atma Jogja tersebut mengatakan hal yang serupa tentang keunggulan yang dimiliki oleh kamera ponsel pintar.

“Saya menggunakannya (kamera ponsel) itu cukup sering karena praktis. Memang terkadang ada kekurangan di beberapa hal, tetapi kalau untuk kebutuhan segera motret,segera diabadikan, itu sangat menolong saya,” tutur Ignas di laboratorium audio-visual,Universitas Atma Jogja, Rabu (21/11/18).

Sebuah Pergeseran

Tak dipungkiri, kemudahan serta kepraktisan yang menjadi keunggulan kamera ponsel pintar menarik banyak perhatian publik untuk terjun ke dalam dunia mobile photography. Apabila kita berkunjung ke akun Instagram Iphonesia atau mencari tagar #EverydayMotret di Instagram, kita dapat melihat banyak sekali mobilephotographer di luar sana.  Setiap momen dapat dibadikan dengan begitu apik melalui lensa kamera ponsel.

Lalu, apakah kamera ponsel dapat menggeser keberadaan kamera DSLR atau mirrorless?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ignas mengatakan kalau suatu saat nanti akan ada kemungkinan kamera ponsel pintar akan menggantikan kamera digital maupunanalog.

“Kalau mengarah pada gantiin DSLR bisa saja sebenarnya karena semakin lama semakinkecil, semakin mini. Tapi untuk saat ini, kelihatannya itu akan membutuhkan proses,” tutur Ignas. “Kenapa butuh proses? Soalnya saya yakin raksasa kamera,seperti Nikon, Canon, Fuji, Sony, tidak mau dengan adanya teknologi yang semakin mini ini mereka tergeser secara bisnis,” lanjutnya. Ignas mengatakankalau semua itu tergantung pada perjanjian yang akan dilakukan dengan raksasa kamera untuk hidup beriringan.

Dalam wawancaranya, Ignas berulang kali mengatakan kalau hal tersebut bisa terjadi dimasa depan. “Kalau itu bisa saja terjadi. Suatu saat akan menggantikan DSLR,kenapa tidak?” kata Ignas mantap.

Sementara bagi Aries, perkembangan pada kamera ponsel pintar tidak berarti membuatnyaharus bersaing dengan kamera DSLR atau mirrorless.Ia lebih menekankan pada keduanya ada untuk berjalan beriringan. “Menurut sayakamera smartphone dan kamera profesional tidak bisa disandingkan sih. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.” Tulisnya.

Beragamnya jenis kamera yang ada saat ini, baik kamera DSLR, mirroless, maupun kamera smartphonebukan berarti keduanya bisa saling menggeser keberadaan satu sama lain.Kita tidak pernah tau kemungkinan apa yang akan terjadi, namun untuk saat ini keduanya hadir untuk saling melengkapi.