Breaking News

Perjuangan Korban PHK di Masa Pandemi Covid-19

  • admin
  • 21/12/2020
  • Comments Off on Perjuangan Korban PHK di Masa Pandemi Covid-19

Perjuangan Korban PHK di Masa Pandemi Covid-19 


Sumber : https://www.google.com/finance.detik.com

Surakarta (14/12/20) – Hanif Adhir, seorang pemuda berumur 22 tahun yang hanya tamatan SMK dan memutuskan untuk tidak melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi karena ingin membantu menafkahi keluarga. Sebenarnya ia sempat melanjutkan pendidikan di Universitas Duta Bangsa Surakarta, namun ia memilih untuk tidak melanjutkannya. 

Awal karier Hanif dimulai sejak lulus SMK tahun 2017 dan mulai bekerja di café Excelso hingga pada akhirnya harus menerima kenyataan bahwa ia terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang dilakukan oleh kepala pusat café Excelso yang ada di Jakarta. 

PHK besar-besaran yang dilakukan oleh kepala pusat café Exelso ternyata tidak hanya berlaku bagi para karyawan kontrak di kawasan Surakarta saja, melainkan bagi karyawan kontran di seluruh cabang café Excelso di Indonesia. 

Perusahaan mengambil keputusan untuk melakukan PHK terhadap karyawan kontrak beralasan karena adanya pandemi Covid-19 yang sedang merebak di Indonesia. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak terbesar dari Covid-19 adalah masalah ekonomi, Hanif juga menyatakan bahwa café Excelso yang biasanya ramai oleh pengunjung tiba-tiba sepi pengunjung selain itu, pemasukan yang biasanya mencapai puluhan bahkan ratusan juta langsung turun derastis. 

PHK yang dilakukan oleh perusahaan Excelso yaitu diawali dengan pemberian status dirumahkan kepada karyawan kontrak, kemudian akan diberi surat keterangan PHK kepada seluruh karyawan kontrak yang tersebar di berbgai cabang Excelso Indonesia. 

Usaha Hanif untuk mencari pundi-pundi rupiah tak berhenti sampai disitu saja, ia terus mencoba mencari lowongan kerja namun kenyataannya ditengah pandemi Covid-19 lowongan kerja yang tersedia tidaklah banyak. 

Lowongan kerja sangat sulit untuk di dapatkan oleh Hanif, sehingga pada akhirnya ia mencoba usaha online shop yang ternyata bisa menjadi peluang sembari mencari kerja. 

Hanif tak hanya mengandalkan penghasilan dari pejualan di online shop saja, namun ia merasa perlu ada pekerjaan lain yang bisa mendukung pendapatannya, akhirhnya ia mencoba bekerja part time di sebuah café kecil dan menjadi pelayan di Pizza Hut

Setelah melewati berbagai tantangan untuk mencari pundi-pundi rupiah ditengan pandemi Covid-19, hasil kerja keras Hanif terbayar ketika Kepala cabang dari Urbanlatte mengajaknya untuk bekerja sama dan menjadi karyawan disalah satu cabang kedai kopi Urbanlatte tepatnya di cabang Mall Solo Paragon, Surakarta. 


Sumber : Dokumen Pribadi

Sebenarnya Urbanlatte masih merupakan anak perusahaan dari Café Excelso. Perbedaannya adalah Excelso merupakan brand induk dan Urbanlatte merupakan second brand dari Excelso. 

Dari sekian banyak karyawan kontrak yang terkena PHK, Hanif merupakan salah satu karyawan yang sangat beruntung karena ia masih mendapatkan panggilan kerja di second brand milik Excelso yaitu Urbanlatte. Sedangkan teman lainnya tidak mendapatkan panggilan kerja lagi 

Dengan adanya tawaran untuk bekerja di Urbanlatte, Hanif menyatakan bahwa pemasukan setiap bulannya mulai bertambah lagi, dan mulai menjadi stabil dibandingkan dengan waktu awal terkena PHK. 

Urbanlatte merupakan salah satu café yang menyedakan berbagai macam minuman kopi-kopian dan juga snack ringan. Pada tahun ini, Urbanlatte sedang mempersiapkan lapangan kerja bagi para barista yang ingin mencari lowongan kerja yaitu dengan cara membuka kios baru disalah satu Mall terkenal dan terbesar di Semarang. 

PHK yang terjadi di Indonesia dalam masa pandemic Covid-19 membuat banyak karyawan tidak tetap mengalami nasib kurang menyenangkan, angka PHK yang terjadi di Indonesia dapat kita simak memalui link berikut ini : 

Mardyaning Christ Cahyarani 180906671