Breaking News

Penerapan Protokol Kesehatran di Barak Pengungsian Glagaharjo

  • admin
  • 21/12/2020
  • Comments Off on Penerapan Protokol Kesehatran di Barak Pengungsian Glagaharjo

Penampakan barakan pengungsian bencana merapi terlihat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan bencana merapi 2020 ini berbarengan dengan terjadinya Covid-19, sehingga pemerintah provinsi bersama BPBD menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Penerapan Protokol kesehatan ini diantaranya pemasangan bilik tripleks guna mencegah interaksi antar pengungsi.

Dokumentasi Pribadi

Sejak naiknya status gunung Merapi pada (8/11/2020) lalu, membuat pemerintah bersama BPBD melakukan evakuasi pada kelompok- kelompok rawan, yaitu lansia, ibu menyusui dan anak – anak.

Selain pemasangan tripleks, kegiatan penyemprotan desinfektan juga dilakukan setiap dua hari sekali guna membunuh Covid-19 di benda – benda yang sering dipegang oleh para pengungsi.

Dokumentasi Pribadi

“Harapannya kami mendapatkan bantuan dari pemerintah, swasta, maupun orang – orang. Karena sekarang fokusnya pada nanganin covid-19, kami berharap juga dapat bantuan” ujar Sunarno salah satu pengunsi.

Kebutuhan yang bisa disalurkan sebagai bantuan dapat berupa pakaian, popok bayi maupun popok dewasa, underpad, masker, hingga kebutuhan kebersihan.

Menurut data yang disampaikan oleh BPPTKG, hingga tanggal (19/12/2020) aktivitas gunung merapi mengalami fluktuatif. Untuk kedepannya BPPTKG akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam menangani pengunsi jika terjadi kenaikan aktivitas gunung merapi lagi.

Infografis aktivitas gunung merapi | Sumber BPPTKG

Reporter : Resa Maulana Wijanarko/ 170906308