Breaking News

Pro dan Kontra Warga Pesisir Terhadap RUU Larangan Minuman Beralkohol

  • admin
  • 21/12/2020
  • Comments Off on Pro dan Kontra Warga Pesisir Terhadap RUU Larangan Minuman Beralkohol
Deretan minuman beralkohol

CILACAP, JAWA TENGAH – RUU Larangan Minuman Beralkohol menjadi pembahasan yang kontroversial dalam masyarakat. 

Terdapat beragam tanggapan masyarakat datang dari berbagai latar belakang. Beberapa orang mendukung RUU ini, namun tidak sedikit yang menolak RUU Larangan Minuman Beralkohol. 

Tanggapan tersebut bisa datang dari kacamata agama, kesehatan, maupun budaya. 

Diki (20), pemuda asal kota Cilacap memberikan tanggapannya yang tidak setuju terkait RUU Larangan Minuman Beralkohol. 

“Menurut saya sih seharusnya tidak perlu ya (RUU Larangan Minuman Beralkohol), karena di Cilacap, terutama bagian pesisir, di daerah sini, minum seperti itu tuh budaya”, ujarnya saat memberikan opininya. 

Diki menjelaskan, budaya ini berasal dari iklim pesisir yang dominan panas padasiang hari dan dingin pada malam hari. Sedangkan para nelayan sendiri membutuhkan minuman beralkohol untuk menghangatkan dirinya saat akan pergi memancing di malam hari. 

Orang tua Diki dahulu merupakan seorang nelayan, oleh karena itu Ia mengetahui mengapa pesisir membutuhkan minuman beralkohol. 

“Tapi menurut saya kalau dibutuhkan sih tidak apa-apa, namun mungkin jangan larangan, tapi lebih ke arah pembatasan atau kontrol yang lebih teratur aja untuk usia minimum, dan edukasi juga”, timpalnya saat ditanya terkait kemungkinan pengesahan RUU ini oleh pemerintah. 

RUU ini seharusnya tidak hanya memperhatikan polemiknya dari satu sisi saja, tetapi melihat dari berbagai sisi.

Cahyo (48), memiliki anggapan yang berbeda juga, ia melihat alkohol dari segi agama dan juga kesehatan bagi tubuh manusia. “Saya ya setuju dengan RUU Larangan Minuman Beralkohol ini. Alkohol kan haram bagi agama saya, dan juga kalo konsumsi berlebihan tidak baik bagi tubuh”, ungkapnya. 

Berdasar pada seluruh informasi yang didapatkan, peninjauan terhadap minuman beralkohol dapat lebih jauh dan dalam lagi. Untuk mengesahkan RUU ini harus ada pengujian serta pertimbangan untuk melihat pengaruh alkohol serta pengaruh RUU ini jika disahkan.

Kelompok 12:

Rufus Christian 180906492 
Valencia Yuniarti Sutjiato 180906498
Damarra Kartika Sari 180906499
Cornelia Maria R. 180906663