Breaking News

Mensyukuri Natal Bersama GKI Pamitran di Tengah Pandemi

  • admin
  • 21/12/2020
  • Comments Off on Mensyukuri Natal Bersama GKI Pamitran di Tengah Pandemi
Dokumentasi perayaan natal GKI Pamitran Cirebon. Sumber: Dok. Istimewa

CIREBON – Hari Natal yang identik penuh perayaan, dipaksa beradaptasi saat pandemi. Angka kasus yang masih tinggi, membuat masyarakat harus tetap dalam jaringan. 

Kasus Covid-19 di Cirebon terus bertambah. Menurut data dalam situs resmi Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Kota Cirebon (2020), total kasus terkonfirmasi mencapai 1.823 kasus, dengan 69 orang meninggal dunia per 21 Desember 2020. 

Sementara di Kabupaten Cirebon, terdapat 1.502 kasus dengan 190 orang meninggal dunia per hari yang sama (21/12/2020).

Situasi serba sulit ini, kembali melewati satu waktu perayaan. Jika Idul Fitri sudah dilalui dengan pandemi, maka Natal juga dapat dipastikan demikian. 

Seolah diminta “berkawan” dengan keadaan, perayaan hari kelahiran Isa Almasih harus dirayakan berbeda dengan sebelumnya. Salah satu yang beradaptasi adalah GKI Pamitran Cirebon. 

Poster perayaan natal GKI Pamitran. Sumber: Dok. Istimewa

Konser Daring Sederhana dan Bermakna Sebagai Respon Pandemi 

Hariyani Prasetyaningtyas, atau biasa dipanggil Yayas, adalah salah satu panitia Natal GKI Pamitran Cirebon. Yayas sebagai penggagas ide konser daring di tengah pandemi. 

Saat melihat konser lain dari Youtube, Yayas mencoba mengaplikasikan hal tersebut di GKI Pamitran. Ide bersambut, disusunlah rundown acara konser Natal. 

Konser daring ini diharapkan menjadi wadah bagi jemaat untuk tetap memiliki peran, tidak sekadar merekam sendiri dari rumah. Namun, Yayas dan panitia ingin membuat konser Natal ada ceritanya, atau tetap menyentuh dalam rangka memperingati hari Natal. 

“Bukan sesuatu yang spektakuler, tetapi kita kemas acara itu supaya jadi berkat juga untuk jemaat”, ujar Yayas menerangkan. 

Pasalnya, konser Natal ini memang melibatkan seluruh aktivis dan jemaat GKI Pamitran. Dengan tajuk Light The World, konser ini mengajak seluruh warga GKI Pamitran untuk menjadi terang di situasi pandemi. 

Mulai dari anak sekolah minggu, remaja dan pemuda, hingga orang dewasa, turut memiliki peran dalam konser Natal. Proses rekam video dan audio tentu juga memperhatikan protokol kesehatan. 

Rekaman dilakukan secara bergilir pada setiap hari Minggu sejak bulan November hingga pertengahan Desember. Seluruh peserta dan yang hadir dalam gedung gereja wajib tetap menjaga jarak, memakai masker, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki gedung gereja. 

“Kita berusaha memberikan sesuatu yang baik untuk jemaat, baik jemaat yang di dalam maupun di luar Pamitran, dimanapun berada, itu mereka menikmati malam Natal yang berbeda”, pungkasnya. 

Venue perayaan natal GKI Pamitran. Sumber: Dok. Istimewa

Tantangan Perayaan Natal Daring 

Semua yang serba daring tentu bukan semakin mudah. Koordinasi jarak jauh dan proses yang dilakukan dari awal hingga selesainya tetap harus menerapkan protokol kesehatan. 

Ketika konsep sudah tersusun, panitia mulai mencari pemeran yang cocok dengan jalan cerita. Gereja diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai studio, juga menyewa perekam suara untuk menghasilkan audio yang maksimal. 

Koordinasi jarak jauh sangat mungkin menyebabkan miskonsepsi. Terlebih jika harus mengoordinir banyak orang. 

Pertemuan tidak langsung juga menyebabkan seluruh pengisi acara tidak dapat bertemu untuk latihan. Maka konsep harus benar-benar jelas terlebih dahulu sejak awal. 

Namun, hal ini tetap bisa diatasi berkat kekompakan teman-teman panitia yang piawai dalam bidangnya masing-masing. Kekompakan dan saling dukung menjadi kunci dari proses pembuatan konser Natal ini dari awal hingga akhir. 

“Rumitnya organize seperti ini tanpa banyak ketemu sungguh luar biasa, jadi hambatan itu akan selalu ada, tapi kalau kita mau ngulik pasti ada jalan keluar”, tambah Yayas menerangkan. 

Konser Natal GKI Pamitran akan tayang perdana di Youtube GKI Pamitran pada tanggal 24 Desember mendatang. Kiranya konser ini sungguh bisa menjadi berkat untuk Natal kita di tengah pandemi Covid-19! 

Damarra Kartika Sari – 180906499