Breaking News

Pembelajaran Luring pada Anak-Anak TK Tunas Rimba I

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Pembelajaran Luring pada Anak-Anak TK Tunas Rimba I

PALANGKA RAYA – Masa pandemi Covid-19 membuat kita mengerjakan segala pekerjaan kita di rumah. Peralihan dari mengajar secara tatap muka ke online sangat sulit dilakukan oleh guru-guru.

Dampak dari pandemi Covid-19 membuat beberapa sekolah maupun universitas melakukan pembelajaran secara online. Namun, ada sebagian sekolah yang menerapkan sistem luring.

Pembelajaran sistem luring merupakan sistem di mana kita dapat mengambil tugas ke sekolah dan mengirimkan tugasnya secara online.

TK Tunas Rimba I yang nampak sepi akibat pandemi Covid-19. (dok. pribadi)

Salah satunya ialah pada TK Tunas Rimba I di kota Palangka Raya. TK Tunas Rimba I telah berdiri sejak tahun 1972. TK ini berada dinaungan yayasan Dharma Wanita Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya.

Susi, salah satu guru TK Tunas Rimba I mengatakan bahwa sistem pembelajaran yang dilakukan pada TK Tunas Rimba I ialah sistem luring.

TK Tunas Rimba I mulai melakukan melakukan sistem luring sejak bulan Maret tahun 2020.

“Cara kerja dari sistem luring itu orang tua mengambil tugas ke sekolah”, ujar Susi.  

Lanjutnya, TK Tunas Rimba I menggunakan sistem luring karena masih banyak orang tua dan guru yang belum mengerti penggunaan aplikasi, misalnya zoom.

Kendala yang dihadapi oleh para guru ialah ketika orang tua terlambat mengambil tugas anak ke sekolah.

Selain itu, kendala lainnya ialah adanya kekeliruan dalam penyampaian orang tua kepada anaknya ketika mengerjakan tugas. Dalam hal ini, diperlukan pemahaman yang lebih dari orang tua mengenai tugas yang diberikan oleh guru.

“Kalau pengiriman tugas itu bisa dikirimkan melalui Whatsapp gurunya atau bisa langsung hadir ke sekolah”, lanjut Susi.

Meskipun menggunakan sistem luring, TK Tunas Rimba I tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Menurut Susi, jika ada kendala dari orang tua murid ketika membantu anak mengerjakan tugasnya, salah satu guru TK dapat mengunjungi anak muridnya tersebut.

“Ada beberapa murid yang sudah kami kunjungi untuk pembimbingan belajar”, ungkap Susi.

Harapan guru TK Tunas Rimba I adalah agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan dapat mengajar tatap muka dengan murid-muridnya.

Penulis: Vinka Kristy Andriani – 180906566