Breaking News

Legendaris, Intip Rahasia Nikmatnya Bakmi Kangen Ala Pak Edi

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Legendaris, Intip Rahasia Nikmatnya Bakmi Kangen Ala Pak Edi
Bakmi Kangen Pak Edi | Dok.Kelompok

PURWOREJO (18/12/20) – Bakmi Kangen Pak Edi merupakan bakmi jowo.  Bakmi Kangen Pak Edi tetap bisa mempertahankan eksistensinya selama kurang lebih 20 tahun.

 Bakmi Kangen Pak Edi terletak di Jalan Tanjung Anom, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Lokasinya yang strategis di pinggir jalan membuat bakmi jowo satu ini mudah ditemukan. “Orang sini, kalau ada yang bertanya lokasi Bakmi Pak Edi gampangannya bilang pojok wetan pasar,” ujar Yuliana (42) selaku salah satu penjual atau anak darri Bakmi Kangen Pak Edi. 


Juru Masak dari Bakmi Kangen Pak Edi | Dok. kelompok

Bakmi Kangen Pak Edi sudah diturunkan ke satu generasi yaitu anak-anaknya,  meskipun berpindah tangan tetap saja masih laris manis dikunjungi para pembeli. “Terpenting mempertahankan citarasa saja,” ungkapnya.

Yuli mengungkapkan bahwa awalnya tidak akan tahu bakminya  laris manis seperti ini dan bertahan sampai sekarang ditahun 2020. “Namanya rejeki tidak kemana. Awalnya yang berkunjung kesini beberapa orang terus merasa cocok, kemudian baru disebarkan dari satu mulut ke mulut yang lainnya,” tegas Yuli.

Bakmi Kangen Pak Edi berbahan dasar mie kodok dan ayam kampung. Selain itu, dimasak dengan tungku. Tersedia menu bakmi goreng, nyemek, dan kuah. Sedangkan untuk bakmi kuah,  spesial kuahnya berasal dari kaldu ayam kampung sehingga rasanya nikmat. “Mie kodok dan ayam kampung selalu langganan stock supaya tidak kehabisan,” ujar Yuli.

Yuli juga mengungkapkan bahwa setiap pagi selalu pergi ke pasar untuk membeli bahan yang cepat habis seperti sayuran, tomat, dan sebagainya. Selama pandemi Covid-19, walaupun pendapatan menurun, tetap saja stabil rata-rata persediaan bahan yang disediakan untuk diolah konsisten habis. 


Dapur masak Bakmi Kangen Pak Edi | dok.pribadi

“Kita melihat kondisi. Kalaupun tidak habis bahannya, ya kami simpan masukan ke kulkas. Seringkali juga kehabisan padahal masih ada pembeli. Ya , terpaksa harus bilang habis. Apalagi kalau ayam kampungnya yang habis, sudah jelas tutup,”pungkas Yuli.

 Selain itu, Yuli bercerita bahwa pernah ada kendala dan keluhan dari pelanggan. “ Ya, tetap kesini pelanggannya, tetapi langsung kami perbaiki untuk orderan selanjutnya. Biasa masalah rasa yang kurang pas atau bagaimana,” tambahnya. 

Yuli juga mengungkapkan bahwa awalnya Bakmi Kangen Pak Edi buka setiap hari pukul 14.00 WIB-12.00 WIB. “Tetapi, sudah kurang lebih 4 tahun ini berubah jadi buka setiap hari pukul 14.00 WIB-11.00 WIB saja karena jalanan sudah sepi mulai pukul 20.00 WIB sekarang,” ungkapnya.

 Yuli juga menambahkan, perubahan jam buka dan tutup tersebut tidak memengaruhi berkurangnnya pelanggan. “Pelanggan jadi mengikuti jam buka dan tutup. Ada saatnya ramai di jam tertentu, tetapi itu tergantung kondisi juga,” pungkasnya.


Ruang makan dari Bakmi Kangen Pak Edi | dok.kelompok

Kemudian, Yuli juga bercerita dahulu tahun 2016 Bakmi Pak Edi pernah didaftarkan ikut OkeFood namun tidak jalan, pembeli tetap datang ketempat. “Namun, seringkali sekarang ada  tukang ojol kesini,  disuruh langsung untuk mampir beli bakmi. Padahal, Bakmi Kangen Pak Edy tidak mendaftarkan diri masuk ke aplikasi Gojek ataupun Grab,” terang Yuli.

Bakmi Kangen Pak Edi satu porsi harga Rp.18.000. “Tiap tahun tidak selalu naik harganya, tergantung bahan pokok. Kalaupun naik hanya seribu rupiah,” kata Yuli. Selain ada menu bakmi, juga tersedia menu nasi goreng dengan harga Rp.15.000. “Itupun ada nasi goreng karena pelanggan pada minta. Baru saja ada menu nasi goreng bulan puasa tahun ini 2020,” ungkap Yuli. 


Ekspresi mengandung gelak tawa Yuliana sedang memasak nasi goreng untuk pembeli | dok.kelompok

Sembari menikmati menu utama dari Bakmi Kangen Pak Edi, juga menyediakan kerupuk dan peyek dengan harga Rp.2.000 – Rp.3.000. Sedangkan, untuk menu minumannya antara lain tersedia es teh, es jeruk, the tawar dengan harga Rp.3.000- Rp.5.000.

Sementara Melly (20) pelanggan setia membeli Bakmi Kangen Pak Edi mengungkapkan bahwa cita rasa bakmi beda dari yang lain. “Kalau tidak makan bakmi disini, berasa ada yang kurang,” katanya. 

Lebih lengkapnya simak diaudio berikut ini:

Salam hangat kami dari Kelompok 7 JMM Kelas A 2020/2021

Grace Paramitha 180906496

Yudha Setya Nugraha 180906506

Maria Fransiska Ayu Diva Yulita 180906652

Mardyaning Christ Cahyarani 180906671