Breaking News

Konser Musik Intim, Secercah Harapan di Tengah Pandemi

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Konser Musik Intim, Secercah Harapan di Tengah Pandemi

Podcast oleh Be Berlian Projustitiani

YOGYAKARTA – Konser musik mulai hidup kembali di tengah pandemi COVID-19. Walaupun digelar secara intim, kembalinya konser musik tentunya membawa secercah harapan dan kabar baik bagi band-band lokal.

“Feel-nya (manggung) tentu berbeda dengan tapping (rekaman),” ucap Agus, vokalis sekaligus gitaris band Honest Pineapple ketika dihubungi melalui panggilan video, Sabtu (19/12/2020). Pasalnya, band tersebut telah tampil pada intimate gigs dalam rangkaian acara Kelola Art Fest (KAF) #5 yang diadakan di Galeri R.J. Katamsi dan Concert Hall ISI pada tanggal 4-6 Desember 2020.

Band GoodPool juga berkesempatan manggung secara langsung di KAF #5. “Nano nano (campur aduk) tahu, kan? Senang akhirnya bisa manggung dekat dengan penonton langsung, tetapi deg-degan juga karena kami ketika bertemu siapapun di acara, suka lupa diri,” ujar Ariyo, bassist band bentukan awal tahun 2020 itu, ketika dihubungi via pesan instan, Sabtu (19/12/2020). 

Penampilan Honest Pineapple pada intimate gigs dalam rangkaian acara Kelola Art Fest (KAF) #5 di Galeri R.J. Katamsi dan Concert Hall ISI, Jumat (6/12)

Honest Pineapple mengaku, selama pandemi COVID-19, jadwal manggung mereka nyaris tidak ada sehingga panggung KAF #5 menjadi panggung pertama mereka di 2020 dengan penonton. “Kami manggungnya agak seret. Kalau tapping walaupun di panggung juga, kan, tidak ada penonton. Jadi kasihan pemain band-nya, apalagi kalau harus pakai uang sendiri,” keluh Sandi, manajer band dengan genre alternative rock itu, ketika dihubungi lewat panggilan video, Sabtu (19/12/2020). 

“Sebenernya, kalau manggung itu spirit-nya, kan, yang dibawa. Ya, mau gimana lagi,” tambahnya. 

Setelah merilis single terbarunya “Simulakra” pada 12 Oktober 2020, Honest Pineapple memutuskan tampil di KAF #5 dengan tetap mewajibkan protokol kesehatan bagi penonton. Panitia KAF #5 mengaku, tidak sulit mencari band yang bersedia tampil pada intimate gigs di KAF #5, terutama pada masa pandemi ini.

“Kami tidak kesulitan mencari band. Awalnya, kami punya bayangan band yang akan tampil di sini. Namun, ada beberapa (band) yang terlambat konfirmasi pada kami,” kata Ronang Kennylas Defo, ketua panitia KAF #5 ketika dihubungi via panggilan video, Selasa (15/12/2020). 

Ronang menjelaskan, ketika panitia KAF #5 mengunggah foto di Instagram, terdapat banyak band yang mengirim pesan dan bertanya pada mereka mengenai open submission (pengajuan) pada intimate gigs. “Justru mereka (band) sendiri yang menawarkan untuk tampil,” ungkap Ronang.

Antusias band lokal untuk dapat manggung di tengah pandemi COVID-19 ini, ditunjukkan dengan penuhnya kuota intimate gigs KAF #5 lepas dua hari setelah unggahan foto di Instagram. “Banyak yang ingin tampil, tetapi kuota kami langsung penuh setelah dua hari registrasi,” ujar Ronang. 

“Saya mengakui, KAF #5 keren, sih, berani mengadakan (konser) yang jelas dan konsisten konsepnya. Susah, lho. Seinget saya, belum ada yang manggung offline seperti itu,” tutur Ariyo mengapresiasi acara tersebut. 

Sementara GoodPool mendapatkan kesempatan manggung, baik secara online (daring), maupun offline (luring) selama pandemi ini. Acara beken yang menjadi panggung online GoodPool, yaitu Ngayogjazz 2020 dengan acara puncak yang disiarkan secara daring dari desa wisata Karang Tanjung, Pendowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (21/11/2020).

Pandemi ini justru memicu para personil GoodPool untuk meneruskan karya mereka. Keadaan ruang yang terbatas karena pandemi membuat mereka menjadi lebih peka dengan keadaan sekitar sehingga memicu untuk berkarya. Selain itu, ada lebih banyak waktu untuk bertukar pikiran.

“Akhir tahun ini kami memproduksi single lagi, semoga lancar dan segera rilis pada awal tahun,” tutur Ariyo.

Sedangkan Honest Pineapple berharap, pandemi COVID-19 ini segera berakhir sehingga mereka dapat melaksanakan tur ke kota-kota lain. “Pengennya, sih, pandemi ini selesai. Rencananya, tahun 2021 kami rilis lagu baru dan tur, karena buat aku band ini berhak diapresiasi di kota-kota lain,” pungkas Sandi.

Ditulis oleh Be Berlian Projustitiani (180906608)