Breaking News

Kali Kencana, Pantai Tersembunyi di Pulau Nusakambangan

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Kali Kencana, Pantai Tersembunyi di Pulau Nusakambangan

K


Pantai Kali Kencana (Foto: Dok. Istimewa)

CILACAP, (20/12/20) – Kabupaten Cilacap merupakan salah satu wilayah yang berada di pesisir, maka tak mengherankan jika memiliki banyak pantai-pantai indah. Adanya Pulau Nusakambangan juga menambah daftar pantai-pantai indah yang ada di Kabupaten Cilacap. 

Sebagian orang mungkin akan langsung berpikir tentang penjara yang menyeramkan jika mendengar nama Pulau Nusakambangan. Namun, nyatanya Pulau Nusakambangan memiliki banyak pantai indah yang belum diketahui banyak orang, salah satunya adalah Pantai Kali Kencana.

Pantai Kali Kencana memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di bagian kanan dan kiri pantai terdapat tebing-tebing yang tinggi. Pasir di Pantai Kali Kencana berbeda dengan kebanyakan pasir di pantai, karena warnanya yang putih. 

Agar dapat sampai ke Pantai Kali Kencana di Pulau Nusakambangan, Adven (20), Angel (20), dan Tassia (21), wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Kali Kencana, mengatakan bahwa mereka harus menaiki kapal dari Pantai Teluk Penyu Cilacap. 

Lokasi Pantai Kali Kencana (Foto: Dok. Pribadi)

Kapal yang dinaiki bukanlah kapal besar, melainkan kapal kecil yang hanya cukup dinaiki oleh beberapa orang. “Namanya kapal compreng, paling cuma bisa dinaiki sepuluh orang,” kata Angel.

Biaya yang dibutuhkan untuk menaiki kapal compreng adalah Rp 20.000 per-orangnya (PP). Mereka menaiki kapal selama kurang lebih lima belas menit untuk bisa sampai di Pulau Nusakambangan.

Perjalanan tak hanya sampai disitu saja, Tassia mengatakan bahwa mereka harus berjalan kaki selama kurang lebih dua setengah jam untuk dapat sampai di Pantai Kali Kencana. “Jalan dua setengah jam, bolak-balik jadi lima jam,” ujar Tassia.

Adven mengatakan bahwa mereka harus berjalan melewati hutan. “Jalannya lewat hutan, dan ada jurang juga, jadi kalau oleng yaudah jatuh,” ungkap Adven. Mereka juga harus berhati-hati saat melewati hutan karena terdapat banyak duri-duri di pohon yang bisa melukai tubuh. “Jangan asal pegang-pegang pohon,” kata Adven.

Terdapat juga sebuah curug dan sungai di tengah hutan. “Ada curug, jadi kita bisa istirahat di situ,” ungkap Tassia. Tassia juga mengatakan bahwa untungnya pada saat itu, air sungai sedang tidak tinggi jadi dapat dilewati dengan mudah.

Perjalanan menuju Pantai Kali Kencana (Foto: Dok. Istimewa)

Lokasinya yang cukup jauh dan masih jarang terjamah manusia, sehingga tidak ada petunjuk arah yang jelas untuk mengunjungi Pantai Kali Kencana. Hanya ada botol dan kresek yang diikat di batang pohon sebagai petunjuk jalan. “Ya, jadi kita cuma ngikutin botol sama kresek itu,” ucap Angel.

Membutuhkan banyak persiapan saat akan mengunjungi Pantai Kali Kencana. “Harus bawa air mineral 1,5 liter per-orangnya,” ucap Angel. Adven juga menambahkan bahwa perlu untuk membawa makanan atau jajanan agar tidak kelaparan.

Menurut Tassia, penting untuk menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang saat akan berkunjung ke Pantai Kali Kencana. “Soalnya biar ga lecet-lecet jadi pakai lengan panjang,” ujar Tassia. Penting juga untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan tertutup, agar tetap aman sampai tujuan. 

Adven mengatakan, penting untuk membawa perlengkapan kesehatan. “Jangan lupa bawa obat merah, hansaplast, dan tolak angin,” kata Adven. Perlengkapan kesehatan sangat dibutuhkan saat kondisi darurat.

Tassia juga mengatakan bahwa salah satu teman mereka ada yang membawa pisau, fungsinya adalah untuk memotong ranting-ranting yang menghalangi jalan dan untuk berjaga-jaga saat keadaan darurat. “Soalnya itu di hutan kan, takutnya ada binatang buas atau gimana,” ujar Tassia. 

Meskipun perjalanannya melelahkan, tetapi semuanya terbayarkan saat sudah sampai di Pantai Kali Kencana. “Worth it lah, soalnya pantainya bagus banget,” kata Adven. Angel juga mengatakan, pemandangan Pantai Kali Kencana sangat indah. Terlebih, karena jarang dikunjungi oleh manusia sehingga keadaannya sangat bersih.


Pantai Kali Kencana (Foto: Dok. Istimewa)

Bagi anda  menyukai pantai dan petualangan, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Pantai Kali Kencana.  Meskipun  jarak tempuh jauh dan perjalanannya melelahkan, tetapi akan terjamin tidak akan kecewa jika berkunjung ke Pantai Kali Kencana.

Cerita dan pengalaman menarik saat mengunjungi Pantai Kali Kencana dapat didengarkan di sini.

Silahkan dengarkan

Salam hangat kami dari Kelompok 7 JMM Kelas A 2020/2021

Grace Paramitha 180906496

Yudha Setya Nugraha 180906506

Maria Fransiska Ayu Diva Yulita 180906652

Mardyaning Christ Cahyarani 180906671