Breaking News

Kakek Berusia 95 Tahun Asal Pontianak Sembuh dari Covid-19

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Kakek Berusia 95 Tahun Asal Pontianak Sembuh dari Covid-19

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan dukungan kepada Tadjeri Soelaiman, pasien berusia 95 tahun. Covid-19 yang sudah sembuh. Sumber: Pemerintah Pontianak

Pontianak – Tadjeri Soelaiman (95 tahun) berhasil sembuh total dari Covid-19 diperbolehkan untuk pulang rumah.

Setelah didiagnosa positif corona, kakek Tadjeri diisolasi dan dirawat di Rusunawa Nipah Kuning selama 2 minggu. Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan bahwa kondisi kakek Tadjeri sangat lemah ketika pertama kali datang, namun kondisinya semakin membaik setelah dirawat selama kurang lebih 2 pekan.

Tadjeri Soelaiman kemudian dijadikan seorang duta yang diharapkan dapat menyampaikan pesan pentingnya menerapkan protokol kesehatan demi melawan virus Covid-19. Selain itu, membawa harapan bahwa kesembuhan dari virus ini tidak hanya bagi pasien dengan usia muda, namun usia lanjut juga dapat sembuh dari Covid-19.

“Faktor usia memang sangat mempengaruhi risiko corona, akan tetapi bila usia tidak disertai dengan komorbid, misalnya penyakit kencing manis, kegemukan dan hipertensi, maka risikonya lebih rendah. Kakek Tadjeri dari aspek fisik, beliau tidak gemuk dan juga sepertinya bapak ini enjoy aja, tidak stress dan tidak takut” ujar Sidiq.

Sidiq Handanu juga mengingatkan bahwa kunci kesembuhan pasien Covid-19 adalah memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang tinggi. Pikiran yang positif dapat mempengaruhi daya tahun tubuh. Jika tidak stress, selalu gembira, dan tidak pernah takut maka diyakini dapat sembuh seperti yang terjadi dengan kakek Tadjeri.

Daya tahan tubuh dapat menurun disebabkan oleh pikiran. Setiap pasien yang terkonfirmasi positif corona harus segera diisolasi dan diperhatikan agar pasien tidak stress. Demikian juga yang melakukan karantina di rumah agar dapat berhati-hati untuk tidak panik dan mengganggu kekebalan tubuh.

Anggota Kelompok:

Dian Lestari / 180906516

Elisabeth Rena / 180906509

Kevin Aditya / 180906586

Elysabeth Sekar / 170906391

#JMMUAJY2020