Breaking News

Dongeng Kopi: Paduan Kopi dan Buku di Umbulmartani

  • admin
  • 20/12/2020
  • Comments Off on Dongeng Kopi: Paduan Kopi dan Buku di Umbulmartani

Bau sangrai biji kopi tercium dari luar sebuah bangunan di pinggir jalan daerah Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Ya, dongeng kopi merupakan salah satu kedai kopi yang pada tahun 2014 digagas oleh Renggo Darsono. Siapa yang menyangka bahwa pada awalnya kedai ini berawal dari media sosial twitter? 

Sang juru cerita, Renggo Darsono atau biasa dipanggil Mas Renggo menceritakan bahwa pada awalnya dongeng kopi hanyalah sebuah akun twitter. Bertujuan untuk saling berbagi cerita tentang kopi, buku, dan komunitas.

Dari akun twitter juga, kedai ini digandeng oleh beberapa penerbit buku hingga teman – teman komunitas, seperti komunitas akademi berbagi, komunitas literasi, kelas inspirasi.

“Sebermulanya Adalah Kopi”

Sebuah slogan khas Dongeng Kopi yang menganggap bahwa segala hal yang ada di sini bermula dari biji kopi. Mas Renggo ingin mengedukasi para penikmat ataupun pengunjung yang belum tahu tentang kopi.

Dongeng Kopi bahkan memiliki gerakan atau kegiatan rutin di pagi hari yang memperbolehkan para pengunjung untuk membuat minuman kopi mereka sendiri.

#MakeYourOwnCoffee ini merupakan salah satu turunan kampanye Kami (Dongeng Kopi) yang sebelumnya adalah #StopKopiSobek,” ungkap Mas Renggo.

Sedangkan #StopKopiSobek ini merupakan gerakan awal Dongeng Kopi sejak mendirikan kedai ini. Sejak delapan tahun yang lalu, Dongeng Kopi ingin memperkenalkan kemampuan mereka dalam menyediakan dan menyeduh kopi-kopi spesial.

#MakeYourOwnCoffee atau seduh kopimu sendiri dapat dinikmati oleh pengunjung mulai pukul 10.00 WIB atau tepat saat Dongeng Kopi mulai buka.

Didampingi oleh barista, pengunjung dapat makin mengenal kopi dan cara favorit mereka dalam menyeduh kopi. Pengunjung yang mengikuti agenda #MakeYourOwnCoffee ini, diperbolehkan untuk membayar kopi mereka secara suka-suka. 

Perpustakan Mini dalam Kedai

Diprakarsai oleh alimin.id, perpustakaan kecil di pojok ruang Dongeng Kopi seakan memanggil pengunjung untuk sekadar melihat ataupun membaca buku mereka.

Pojok perpustakaan alimin.id

Selain menjual kopi, Dongeng Kopi menawarkan hal lain seperti perpustakaan mini mereka. Pengunjung dapat menikmati seduhan kopi mereka dengan ditemani buku-buku yang dapat diambil dan dibaca oleh mereka. 

Tak hanya menawarkan buku anak-anak, buku-buku yang tergolong kategori berat juga tersedia di sana. Ini menjadikan Dongeng Kopi sering didatangi oleh mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Universitas di Yogyakarta.

Letaknya yang tak jauh dari kampus-kampus ternama, membuat suasana kedai makin ramai.

Reporter : Katarina Widhi Arneta Sari

Kelompok: Raema Yoratian (150905609), Katarina Widhi (180906583), Bernadeta Berlian (180906608), Rustiningsih Dian (180906622)