Breaking News

REFLEKSI JURNALISME MULTIMEDIA KELOMPOK 2

Raema Yoratian (150905609)

Semester Gasal Tahun 2020 merupakan kali ketiga saya mengulang mata kuliah Jurnalisme Multimedia. Bukan karena saya bodoh, tapi karena presensi yang tidak mencukupi 75% sebagai syarat mengikuti ujian akhir semester. Selain faktor kemalasan yang sebetulnya tidak terlalu parah, saya memang agak sedikit lalai dalam manajemen tugas. Pengulangan ketiga ini saya mencoba memaksakan diri untuk rajin dalam proses kuliah dan tugas, meskipun di tengah tekanan pekerjaan yang kacau akibat pandemi.

Teknik penulisan dan perancangan jurnalisme multimedia yang saya pelajari ternyata dapat saya praktikkan dalam pekerjaan saya sebagai editor, konseptor, sekaligus pencipta konten pada beberapa media independen. Saya turut membuat video konten jurnalistik untuk beberapa vlog semi-jurnalistik di Youtube, jauh sebelum materi video jurnalistik di mata kuliah ini disajikan kembali. Rancangan podcast dan lain-lain juga telah saya praktekkan sebelum saya mengikuti kuliah ini. Kuliah Jurnalisme Multimedia mengkonfirmasi beberapa hal dari pekerjaan saya, di antaranya bahwa cara saya bekerja sudah seturut alur kerja media. Namun demikian, mata kuliah ini juga memberikan beberapa hal yang masih kurang dari pekerjaan saya.

Saya hanya berharap pengulangan ketiga ini menjadi yang terakhir, karena semester depan saya harus menyelesaikan skripsi. Kuliah memang cukup mengasyikan, namun ada beberapa tanggung jawab yang tidak dapat diselesaikan jika saya masih berkuliah.

Tugas individu Jurnalisme Multimedia 2020 :

  1. Kompasiana – Bukan Main! Ini yang tidak Diketahui Generasi Milenial tentang Internet – 34 views
  2. Kompasiana – Jurnalisme Online Ketinggalan Zaman! – 20 views
  3. Kompasiana – Ini Dia! Media Sidestream yang Dobrak Media Mainstream – 24 views
  4. Kompasiana – Musuh Terakhir Trump Sebelum Pemilu: Jay-Z, Beyonce, Lady Gaga, dan Jon Bon Jovi – 35 views
  5. Anchor.fm – Kampretnya Pemilu ala Amerika
  6. Instagram – Photostory – Rekaman Di Rumah, Seadanya Asal Produktif – 134 likes

Katarina Widhi Arneta S (180906583)

Selama mengikuti mata kuliah Jurnalisme Multimedia di semester ini, saya merasa bertambah ilmunya. Dalam hal penulisan, saya merasa tulisan yang saya buat menjadi lebih baik dan enak dibaca. Ini karena teori atau cara-cara penulisan di multi-platform yang diberikan sangat berguna dan tepat sasaran.

Selain penulisan artikel, terdapat juga penugasan yang berbentuk foto, audio, hingga video. Penugasan ini menjadi ajang saling menunjukkan kualitas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Jurnalisme Multimedia. Selain untuk memenuhi nilai, penugasan ini juga menjadi titik dimana mahasiswa bisa mengukur kemampuan mereka dalam mengambil gambar, audio, hingga video.

Dosen juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar langsung dari praktisi yang diundang dalam pertemuan daring. Praktisi yang diundang memang sudah ahli dalam materi sehingga mahasiswa bisa mengetahui kekurangan mereka.

Tugas individu Jurnalisme Multimedia 2020 :

  1. Kompasiana – Definisi dan Sejarah Internet – 282 views
  2. Kompasiana – Karakteristik Catch Me Up Sebagai Media Baru – 107 views
  3. Kompasiana – Perbedaan Media Digital dan Media Analog – 160 views
  4. Kompasiana – Mengintip Perjalanan Media Online di Inggris – 51 views
  5. Kompasiana – Media Mainstream yang Beralih ke Media Digital – 158 views
  6. Kompasiana – Jokowi Menandatangani UU Cipta Kerja di Tengah Protes Nasional – 34 views
  7. Anchor.fm – Audio Berita Lansiran – Jokowi Menandatangani UU Cipta Kerja di Tengah Protes Nasional
  8. Instagram – Photostory – Pandemi & Iman – 157 likes

Bernadeta Berlian Projustitiani (180906608)

Melalui mata kuliah Jurnalisme Multimedia saya belajar teknis penulisan berita di media online. Saya ingat semasa awal pemberian tugas, saya menulis artikel seperti menulis esai, saya belum paham penggunaan teknik ‘chunking’. Ternyata penggunaan teknik chunking membuat mata tidak terlalu lelah ketika membaca artikel yang cukup panjang. Sejujurnya JMM juga membantu saya menulis untuk mata kuliah lain yang mewajibkan publikasi lewat kompasiana. Beberapa artikel saya juga sempat menjadi berita pilihan (editor’s pick). Saya merasa teknik penulisan saya semakin membaik seiring dengan latihan dan tugas yang diberikan.

Tidak hanya menulis artikel, Jurnalisme Multimedia yang berkaitan dengan minimal kombinasi tiga media (visual, audio, dan teks) membuat saya harus bisa menyajikan berita dalam berbagai platform seperti media-media online saat ini. Bagaimana membuat konten yang menarik bagi khalayak namun juga informatif. Misalnya waktu itu sempat ada penugasan tentang photo story, tugas ini merupakan contoh dari penggabungan media visual (foto) dan teks (tulisan). Kemudian tugas video jurnalisme yang juga penggabungan dari visual (kompilasi foto,video), teks, dan audio (suara latar, voice over).

Dalam beberapa pertemuan sering kali diberikan contoh suatu media yang dijadikan ‘kiblat’ dalam pengerjaan tugas. Dosen pengampu juga sempat menghadirkan narasumber terkait materi untuk melakukan sharing dan memberikan masukan (kritik, saran, tips and trick).

Tugas individu Jurnalisme Multimedia 2020 :

  1. Kompasiana – CNBC Indonesia sebagai New Media – 25 views
  2. Kompasiana – Jurnalisme Online Vs Multimedia – 76 views
  3. Kompasiana – Perkembangan Media di Negara Jepang – 118 views
  4. Kompasiana – Kecam Pernyataan Presiden Macron Tentang Islam, Jokowi Ingin Persatuan Global Tetap Terjaga (The Jakarta Post) – 70 views
  5. Kompasiana – Mengenal Yellow Journalism, Surat Kabar yang Seringkali Melewati Batas Kepatutan – 81 views
  6. Anchor.fm – Kecam Pernyataan Presiden Macron Tentang Islam, Jokowi Ingin Persatuan Global Tetap Terjaga
  7. Instagram – Video Jurnalisme – Mengenal Kamala Harris, Wakil Presiden AS Wanita Pertama
  8. Newslab.uajy (UAS individu) – Konser Musik Intim, Secercah Harapan di Tengah Pandemi

Rustiningsih Dian Puspitasari (180906622)

Mata kuliah Jurnalisme Multimedia banyak memberikan ilmu baru bagi saya. Dari awal, basic saya adalah di dunia jurnalistik tulisan. Namun, ketika saya mempelajari tentang jurnalisme multimedia, saya menjadi berlatih untuk memperkuat praktik jurnalistik saya menggunakan media-media lain seperti podcast, foto, dan video.

Selain itu, saya juga bisa belajar jurnalisme multimedia langsung dari praktisinya. Hal tersebut karena dosen pengampu mengundang dua narasumber yang berkompeten di bidangnya seperti fotografi (photo story) dan video berita.

Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Pasalnya, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya membuat satu produk jurnalistik dari sebuah peristiwa yang sedang terjadi. Mahasiswa dituntut untuk membuatnya menjadi berbagai bentuk seperti tulisan, foto, video, dan audio. Hal itu sangat relevan dengan profesi jurnalis yang semakin ke sini semakin dituntut untuk multitasking ketika bekerja di lapangan.

Tugas individu Jurnalisme Multimedia 2020 :

  1. Kompasiana – Dari Perkembangan Internet hingga Jurnalisme Multimedia – 130 views
  2. Kompasiana – Ciri Khas Berita Online Kumparan, Start Up Media Massa Terbaik di Indonesia – 337 views
  3. Kompasiana – Dari Media Konvensional ke Digital, Apa Saja Perbedaannya? – 197 views
  4. Kompasiana – Menggeser Eksistensi Media Cetak di Jerman Lewat Media Online – 59 views
  5. Kompasiana – Melihat Seberapa Ramah dan Interaktif IDN Times sebagai Jurnalisme Online – 138 views
  6. Kompasiana – Akhiri Protes SARS: Pemerintah Inggris Mengaku Mereka Melatih dan Memasok Peralatan ke Unit Polisi “Brutal” Nigeria – 60 views
  7. Instagram – Photo Story – New Normal di Sendang Sengon, Temanggung – 326 likes dan 27 comments
  8. Instagram – Video Berita – Luhut Binsar Pandjaitan Menjadi Menteri Ad Interim – 508 views
  9. Anchor.fm – News Update
  10. Spotify – News Update