Breaking News

Refleksi Kelompok 13

Maria Friday Letisia – 180906504

Selama satu semester mempelajari materi Jurnalistime Multimedia, banyak hal yang dapat saya pelajari. Mulai dari mempelajari perkembangan internet, memahami jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, menganalisis media online di Indonesia dan media luar negeri. Saya juga belajar untuk menulis berita online berbasis multimedia, yang menuntut saya untuk mampu memproduksi konten selain teks, seperti memotret, menciptakan podcast dan video. Mempelajari jurnalisme multimedia tentu tidak mudah bagi saya yang masih awam dalam menulis artikel. Hal – hal kecil yang umumnya diremehkan saat membaca berita, justru menjadi hal penting yang harus diperhatikan Namun, saya dan teman – teman diajari dari awal dengan segala teknik penulisan untuk menghasilkan konten berita yang baik dan menarik.

Awalnya sulit, tapi setelah dinikmati menulis artikel cukup menyenangkan. Melalui tugas menulis artikel, saya pun menjadi terbiasa dalam menulis dan merasa lebih tenang saat menghadapi mata kuliah lain yang juga mendalami penulisan jurnalistik. Tidak hanya itu, ilmu yang diberikan oleh mata kuliah Jurnalisme Multimedia, membuat saya sebagai mahasiswa dapat semakin mengembangkan diri. Misalnya, ketika mendapat tugas untuk re-write berita luar negeri, saya merasa lebih tertantang dan mau mencoba untuk membaca dan memperhatikan media berita luar negeri. Saya menyadari bahwa dengan mempelajari Jurnalisme Multimedia, mahasiswa yang mengambil jurusan Komunikasi Media Massa dan Digital diajarkan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Namun tidak hanya beradaptasi, tetapi juga harus mampu mengikuti dan dapat menggunakan teknologi tersebut untuk menghasilkan produk komunikasi yang baik.

Kelas Jurnalisme multimedia juga kerap kali mengundang pembicara yang handal di bidang media, salah satunya eperti Oscar Siagian, seorang fotografer Indonesia. Pertemuan dengan pembicara membuat saya mendapat ilmu, perspektif dan motivasi baru dalam hal memproduksi konten. Saya jadi tahu cara memotret yang baik untuk foto jurnalistik, saya juga belajar untuk menyajikan video berita yang benar untuk khalayak dan berbagai hal lainnya. Sungguh pengalaman yang menarik, saya bisa memahami berita online secara mendalam melalui mata kuliah Jurnalisme Multimedia, walaupun saya harus masih banyak berlatih dalam menulis artikel yang baik dan benar.

Daftar Portofolio :

Tugas 1 : Kelahiran dan Perkembangan Internet di dunia dan di Indonesia

52 views, 0 likes, 0 komentar 

Tugas 2 : Karakteristik Tirto.id Sebagai Bentuk New Media

94 views, 4 likes,1 komentar

Tugas 3 : Intip Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

50 views, 2 likes, 1 komentar 

Tugas 4 : Mengenal Sejarah Media Online di Filipina

71 views, 2 likes, 1 komentar

Tugas 5 : Pentingnya Jurnalisme Berperspektif Gender dalam Jurnalisme Online

160 views, 0 likes, 0 komentar

Tugas 6 : Kasus Covid-19 di Korea Melonjak Melebihi Angka 100 Setelah Perayaan Halloween

68 views, 4 likes,  0 komentar

Tugas 7 : Audio berita lansiran

Tugas 8 : Foto Jurnalistik

Tugas 9 : Video Berita Lansiran

Maria Nariswari – 180906507

Saya mendapatkan banyak pengalaman baru ketika mengambil mata kuliah jurnalisme multimedia. Jika melihat dari sisi pembaca, saya sebelumnya tidak terlalu banyak memikirkan apakah tulisan seseorang menarik untuk dibaca atau tidak.

Namun, melalui mata kuliah JMM saya belajar bahwa untuk mengunggah suatu informasi diperlukan sesuatu yang dapat menarik minat pembaca atau penontonnya, diantaranya melalui sebuah foto, video ataupun audio.

Sebagai sebuah bentuk praktek dalam membuat suatu informasi dalam bentuk jurnalisme multimedia. Kompasiana menjadi salah satu tempat saya untuk belajar cara membuat tulisan yang baik, benar dan menarik.

Meskipun tulisan artikel, foto maupun video yang saya buat belum sempurna dan masih membutuhkan banyak latihan, namun melalui mata kuliah ini saya dapat mempelajari bagaimana seharusnya menyampaikan informasi dengan sebuah jurnalisme multimedia yang baik.

Bukan hanya melalui teori, namun dalam mata kuliah ini juga mengundang para narasumber yang ahli dibidangnya. Pengalaman yang dibagikan oleh narasumber sangat berharga dan dapat memberikan insight baru bagi saya untuk belajar lagi kedepannya.

Selain itu, tugas yang mengharuskan saya atau teman-teman melakukan liputan juga menjadi pengalaman baru untuk saya. Bertemu narasumber, mencari informasi, mengolah data hingga mengemasnya menjadi sebuah bentuk informasi yang menarik menjadi suatu tantangan tersendiri bagi saya.

Saya berharap, dengan materi, saran, kritik dari teman-teman ataupun Mas Boi dapat menjadi bekal kedepannya dalam menjalankan tugas atau suatu project.

Portfolio (Maria Nariswari – 180906507)

Tugas 1 : Mengenal Asal Mula Internet di Dunia dan Indonesia

42 views, 3 likes, 0 komentar

Tugas 2 : Karakteristik Media Baru dalam Berita Satu

114 views, 4 likes, 1 komentar

Tugas 3 : Aspek Penting dalam Jurnalisme Online dan Multimedia

37 views, 1 likes, 0 komentar

Tugas 4 : Sejarah Media Online di New Zealand

73 views, 1 likes, 1 komentar

Tugas 5 : Peran Bale Bengong dalam Citizen Journalism Bali

18 views, 4 likes, 0 komentar

Tugas 6 : Pengujian Massal Alat Uji Coba Baru di Liverpool

12 views, 2 likes, 0 komentar

Tugas 7 : Membaca berita lansiran

Anchor.

Tugas 8 : Photostory “Optik Yogya”

69 likes, 2 komentar

Tugas 9 : Video Jurnalistik

Farih Lintang Jati – 180906520

Selama satu semester di mata kuliah Jurnalisme Multimedia ini saya banyak mendapat banyak pembelajaran, terutama mengenai perkembangan jurnalisme berbasis multimedia yang sebelumnya jarang saya ketahui. Selain itu juga di dalam mata kuliah ini saya dibekali dengan praktek-praktek dalam kegiatan langsung untuk menerapkan jurnalisme multimedia ini. Dan disini saya dapat mengerti bagaimana sebuah proses produksi suatu berita yang dapat melalui proses yang panjang sehingga menjadi satu kesatuan berita yang utuh dan siap didistribusikan kepada masyarakat.

Lalu di dalam mata kuliah JMM ini, juga dijelaskan bagaimana terdapat sebuah korelasi antara jurnalisme dengan dunia internet atau dunia maya yang begitu luas. Dalam penerapannya Jurnalisme Multimedia ini banyak mengambil teori yang berkaitan dengan Jurnalisme yang membahas mengenai new media yang menyebutkan bahwa Jurnalisme multimedia ini merupakan karakteristik dari media baru tersebut karena ia berbasis pada media platforfm online. Disini adalah letak keunggulan dari jurnalisme multimediaitu sendiri karena ia berbasis online maka fitur-fitur yang dapat diakses untuk mendapatkan informasi membuatnya cukup beragam, mulai dari teks seperti media konvensional hingga audio bahkan video.

Perkembangan zaman ini merubah pemahaman masyarakat yang menunjukan bahwa masyarakat lebih menyukai informasi yang memberikan tampilan yang menarik serta tidak monoton, disini saya dapat memahami bahwa di era sekarang ini dalam menyajikan berita khususnya berita online haruslah kreatif dalam penyajiannya agar dapat menarik banyak audiens yang akan banyak memberikan manfaat kepada kita. Multimedia tentunya juga menjadi tantangan untuk para pekerja media. Agar bisa menyajikan konten multimedia dalam suatu produk jurnalistik membutuhkan skill tertentu. Para pekerja media ditantang untuk bisa kreatif dalam menuangkan ide dan cakap dalam skill yang dibutuhkan. Lalu skill yang harus dimiliki oleh penulis berita online ini adalah mampu untuk mengolah desain atau grafis agar dapat memberikan informasi yang berwarna dan tidak monoton. Tentu dalam proses produksinya jurnalisme multimedia menjadi hal yang segar bagi dunia jurnalistik karena lebih nyaman dan praktis dalam penggunaannya

Tugas 1 “Karakteristik Media Baru dalam Portal Berita Tribunnews.com”

(Views 56 Like 0 Komentar 0)

Tugas 2 “Mempelajari Jurnalisme Online dan Multimedia”

(Views 7 Like 0 Komentar 0)

Tugas 3 “Mengetahui Perkembangan Jurnalisme Online di Filipina”

(Views 50 Like 0 Komentar 0)

Tugas 4 “Simak Mengenai Isu Kebebasan Pers Media Online di Filipina”

Views 65lke 0 Komentar 0)

Tugas 5 “MRT Jakarta Sebagai Penanda Peradaban Baru di Ibukota”

(views 61 like 2 komentar 0)

Link Anchor

Podcast

Tugas 6 “Halaman Belakang Kabupaten Semarang”

(like 120 komentar 9)

Tugas 7 “Anies Baswedan Positif Covid 19”

(View 114 komentar 0)

Anastasia Mellania – 180906647

Selama satu semester ini, mata kuliah Jurnalisme Multimedia banyak membekali saya tentang bagaimana dunia jurnalisme di era teknologi yang kian canggih dan turut membantu dalam menyebarluaskan informasi penting kepada masyarakat di seluruh dunia. Saya mendapat ilmu baru bahwa jurnalisme nyatanya tidak mudah sama sekali. Proses produksi sebuah konten berita nyatanya melalui perjalanan panjang hingga akhirnya dapat sampai pada masyarakat. Di awal perkuliahan saya mempelajari apa sebenarnya hubungan antara internet dengan jurnalisme, bagaimana pada akhirnya internet dapat berpengaruh dalam dunia jurnalisme, sampai pada pengertian dan dasar-dasar dari jurnalisme multimedia.

Selanjutnya, saya mulai dihadapkan pada pembahasan apa itu new media beserta membedah karakteristik di dalamnya seperti adanya unsur digital, interactivity, hypertextual, jaringan (global), visual, hingga simulated. Di pertemuan berikutnya saya dikenalkan pada  perbedaan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia yang sering kali disamakan, padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan yang bila disadari cukup terlihat. Saya juga diajak untuk menelaah lebih dalam tentang media online di luar Indonesia sehingga secara tak langsung membuka mata saya untuk mengetahui bagaimana metode negara lain dalam menyampaikan beragam informasi kepada masyarakat.

Mata kuliah ini tak berhenti di pembahasan tentang teori jurnalisme, secara garis besar kami sebagai mahasiswa juga dituntut untuk lebih aware dengan keadaan sekitar lewat lebih banyak lagi tugas yang ‘membebaskan’ kami untuk menentukan topik pembahasan yang ingin diperdalam, tentu saja dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip jurnalisme yang sedari awal dipupuk oleh Bapak Yohanes Widodo selaku dosen pengampu mata kuliah wajib bagi mahasiswa peminatan media massa dan digital ini. 

Berbicara tentang jurnalisme, di masa pandemi nyatanya tidak membuat mata kuliah ini kehilangan akal untuk dapat mengasah kemampuan mahasiswanya. Lewat dari pertengahan semester, kami kembali diajak berpikir lebih kritis bukan hanya lewat tulisan, melainkan juga lewat karya foto dan video yang kami coba produksi sendiri. Pada beberapa kesempatan, kerap didatangkan pula pembicara khususnya pada materi photo story dan berita video dimana mereka tak hanya memberikan ilmu baru, melainkan juga turut mengomentari beberapa hasil kerja kami.

Pada akhirnya mata kuliah ini banyak memberikan gambaran tentang realita dunia media, bukan hanya dari segi penikmat, melainkan juga dari sudut pandang mereka yang bergelut di bagian produksi konten baik berita, foto, maupun video.

Portofolio JMM (Anastasia Mellania Kartika P – 180906647)

Total views Kompasiana JMM: 432

Tugas 1 “Dari Internet Sampai Jurnalisme, Apa Hubungannya?”

(26 views, 2 likes, 1 komentar)

Tugas 2“Simak 6 Karakteristik New Media Lewat Ragam Suguhan iNews.id”

(105 views, 1 like, 1 komentar)

Tugas 3 “Simak Apa Saja Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia”

(94 views, 0 like, 0 komentar)

Tugas 4 “Menelaah Perjalanan Sejarah Media Online di Australia”

(168 vies, 2 likes, 0 komentar)

Tugas 5 “Jurnalisme Kloning, Ketidaksadaran yang Berujung Pelanggaran”

(19 views, 1 like, 0 komentar)

Tugas 6 “Para Wanita yang Marah Memblokir Lalu Lintas di Seluruh Polandia karena Larangan Aborsi”

Anchor                        : https://anchor.fm/anastasia-mellania/episodes/Polandia-Tunda-Penerapan-Putusan-Aborsi-di-Tengah-Protes-em7lah/a-a3prihu

(20 views, 2 likes, 0 komentar)

Tugas 7 –  (Photo Story Instagram)

“Pasar Kaget Ajak Lihat Sudut Kehidupan Masyarakat”

(212 likes, 24 komentar)

Tugas 8  –(Video Berita)

Link                 : https://twitter.com/txttugasnanas/status/1333439346439950338

( 0 like, 53 views)