Breaking News

Latte Art, Menu Wajib yang Harusa Ada di Kedai Kopi

  • admin
  • 08/12/2020
  • Comments Off on Latte Art, Menu Wajib yang Harusa Ada di Kedai Kopi

Bicara Kopi Siapa Yang Tak Kenal Dengan Latte Art

Siapa yang belum pernah minum kopi?

Pasti kebanyakan orang pernah minum berbagai jenis minuman kopi dari segala varian. Para penggemar kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Latte Art. Latte Art adalah seni melukis di atas espresso yang menimbulkan sebuah gambar unik di atas gelas pada secangkir kopi. Seni menggambar di atas kopi ini sudah ada di berbagai macam coffee Shop di berbagai dunia.

Dilansir dari Faema.ca, istilah Caffe Latte ini pertama kali digunakan oleh seseorang penulis bernama William Dean Howell. Dalam tulisannya yang berjudul “Italian Journey” 1867 ia mulai memperkenalkan Caffe Late ke publik.

Caffe Latte ini biasanya berupa sajian cappuccino yang dibuat untuk turis Amerika yang sedang berada di Italia. Maka, orang Italia membuat tambahan susu supaya rasanya lebih ringan bagi turis Amerika. Orang Italia biasanya membuat cappuccino tradisional dengan mencampurkan susu hangat dan espresso, tetapi orang Amerika lebih suka menggunakan susu steam.

Kegunaan dari Latte ini sendiri adalah untuk melembutkan rasa espresso yang terkenal kuat dengan memunculkan busa yang lezat dan creamy. Seiring dengan berjalannya waktu, tren minum caffe latte ini merambah ke seluruh dunia, namun lebih dominan mengikuti gaya orang Amerika minum yaitu dengan tambahan susu steam.

Awal perjalanan caffe latte ini dulu disajikan dengan menggunakan sebuah mangkuk. Bahkan di beberapa daerah, ada yang menggunakan gelas bir untuk menyajikannya. Seiring dengan berjalannya waktu, caffe latte ini lebih banyak disajikan dengan menggunakan cangkir.

Busa sebagai variasi di atas secangkir kopi tersebut merupakan sebuah seni barista kopi hanya dengan menggunakan stensil untuk menaburkan bubuk kayu manis atau bubuk kakao untuk menciptakan sebuah gambar yang menarik.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kreasi semakin meningkat dengan menggunakan berbagai teknik-teknik tertentu untuk menambah daya tarik penggemar kopi. Dari teknik tersebut yang berbeda-beda menciptakan suatu pola yang berbeda dari kreasi yang sebelumnya.

Alat yang diperlukan dalam pembuatan espresso sendiri antara lain, Grinder untuk menggiling biji kopi supaya menjadi halus. Selanjutnya milk frother yaitu sebagai pemecah buih-buih susu untuk dicampurkan di espresso supaya hasilnya menjadi lebih optimal. Alat berikutnya adalah Milk Jug yaitu wadah dari susu itu sendiri sebagai alat untuk menuangkan susu tersebut ke dalam campuran kopi espresso untuk melukis pola Latte Art. Espresso Maker adalah alat untuk melembutkan, menghaluskan, dan menekan bubuk kopi yang sudah dilhaluskan dengan menggunakan grinder tersebut. Alat terakhir yang digunakan adalah cangkir untuk wadah dari pembuatan keseluruhan pembuatan Latte Art tersebut.

Cara atau teknik pembuatan sebuah Latte Art sendiri dimulai dengan menghaluskan biji kopi dengan grinder supaya menjadi halus, kemudian ditekan menggunakan espresso make, kemudian diracik hingga menghasilkan kopi hitam yang diinginkan (shot coffee). Setelah shot kopi jadi, siapkan susu rendah lemak lalu panaskan dengan cara di steam (seperti dikukus tetapi alatnya berbentuk tongkat, kadang satu set dengan mesin pembuat kopi) sampai suhunya antara 65-70 derajat celsius. Lalu tuangkan susu yang sudah dipanaskan ke dalam cangkir yang berisi espresso hingga kopi di dalamnya berubah warna menjadi cokelat, kemudian tuangkan sisa susu ke atas espresso yang sudah berwarna cokelat dan bentuklah sesuain pola yang diinginkan. Uniknya lagi, Latte Art tak hanya sekedar menggambar di atas kopi, namun hingga ada kontes atau perlombaan Latte Art itu sendiri. Dan aspek yang biasanya dinilai adalah area kompetisi, penyajian minuman, keterampilan teknis, kinerja peserta lomba. Untuk itu, dibutuhkan latian khusus untuk mempersiapkan perlombaan kontes Latte Art yang sempurna.

Link video youtube Latte Art

Kelompok 1:

Silvester Alvin / 180906528

Priyanka Audrey / 180906592

Anderas Bagas / 180906623