Breaking News

Jurnalisme Multimedia Bagi Kelompok 6 (Refleksi)

  • admin
  • 08/12/2020
  • Comments Off on Jurnalisme Multimedia Bagi Kelompok 6 (Refleksi)

A. Novendra Ade Vandito

150905668

               Selama hampir satu semester mempelajari tentang jurnalisme multimedia, satu hal yang didapatkan adalah tentang kemauan untuk melihat peristiwa yang ada di sekitar. Perlu menumbuhkan niat untuk memperoleh kepekaan supaya dapat menemukan satu peristiwa sehingga dapat menjadikannya sebagai berita. Selain itu di mata kuliah ini pula dapat dikatakan bahwa pentingnya menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan banyak orang atau kalangan. Dari situ kemudian dapat memperoleh jaringan-jaringan yang bisa mempermudah untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

            Sisi multimedia di mata kuliah ini pula memberikan refleksi tentang adanya kemampuan untuk meringkas sebuah berita menjadi bentuk yang menarik. Dengan tujuan memperoleh pembaca di dunia internet, maka perlunya penulis multimedia memiliki ciri khas yang bisa membedakan bentuk beritanya dengan berita yang lainnya. Memanfaatkan berbagai jenis media di era internet dapat membantu untuk menemukan ciri khas tersebut. Membuat tulisan menarik sehingga mengundang pembaca untuk mengunjungi tulisan ya g telah dipublikasikan.

            Terakhir, jurnalisme multimedia yang juga semakin mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sepertinya akan terus berkembang untuk kedepannya entah 10 atau 20 tahun ke depan, tantangan jurnalis semakin beragam pula menanggapi perkembangan media tersebut, maka perlunya penguasaan jurnalis terhadap segala teknologi tersebut diperlukan supaya dapat dikuasainya media komunikasi tersebut. Ketika jurnalis tidak mampu menanggapi lajunya perkembangan tersebut, jurnalis dapat tertinggal oleh bentuk komunikasi yang lain itu sendiri, seperti saat ini dengan media sosial atau jurnalisme warga secara khusus yang belum diuji dengan kebenarannya.

Tugas individu JMM UAJY 2020:

1. Kompasiana – media baru: 43 view

https://www.kompasiana.com/a38387/5f5710eed541df4a9b07c632/menilik-kembali-media-baru-seperti-apa-sih

2. Kompasiana – online vs multimedia: 26 view

https://www.kompasiana.com/a38387/5f5fbe62097f3645bb6c9e52/mengerti-perbedaan-jurnalisme-online-dan-jurnalisme-multimedia

3. Kompasiana – media luar: 38 view

https://www.kompasiana.com/a38387/5f68f625d541df2af83a7936/mengenal-vietnam-news-agency

4. Kompasiana – lansiran berita luar: 13 view

https://www.kompasiana.com/a38387/5fa9fce89b78304351545272/taiwan-merayakan-kebijakan-lgbtq-pasca-pencabutan-lockdown-virus

6. Anchor- Audio

https://anchor.fm/albertus-novendra-adevandito/episodes/Taiwan-Merayakan-Kebijakan-LGBTQ-Pasca-Pencabutan-Lockdown-Virus-em8v2f

5. UTS – kompasiana: 51 view

https://www.kompasiana.com/amp/a38387/5f95e201d541df6dba0d82f2/gagasan-jurnalisme-makna-sebuah-tantangan-bagi-jurnalisme-multimedia?__twitter_impression=true

7. Instagram – foto story

https://www.instagram.com/p/CHqat18BXw_/?igshid=zo437915tc18

8. Video berjalan

Genoveva Sekar Jemparing

180906541

Jurnalisme Multimedia menjadi sebuah mata kuliah yang masuk ke dalam kategori mengasyikkan dalam pembelajaran semester gasal 2020 ini. Bagaimana tidak, tugas yang diberikan sangat beragam bentuknya. Dari penulisan artikel multimedia hingga memajang hasil foto jurnalistik serta video berita. Jika dilihat-lihat, hal tersebut akan sesuai dengan melihat kata ‘multimedia’ yang ada pada nama mata kuliah. Sisi asyik lainnya dari mata kuliah ini adalah sebagain besar tugas-tugas tersebut merupakan pengerjaan pertama kali dan mendapatkan respon yang tidak terlalu buruk. Berlomba dengan teman kelas untuk mendapatkan viewers juga menjadi suatu kompetisi asyik yang terjadi di antara mahasiswa.

Jurnalisme Multimedia cukup menantang dan kerap membuat hati tidak tenang. Menulis artikel di laman media massa yang cukup besar di Indonesia adalah pengalaman baru secara pribadi. Begitu juga dengan kegiatan pereditan sebuah gambar dan video untuk keperluan menulis artikel multimedia. Terlebih tidak ada alat canggih yang mendukung dalam mengerjakan tugas selama ini. Alhasil, apa yang ada di sekitar benar-benar dimaksimalkan. Berhasil, beberapa audiens menanyakan ‘Kamu pakai aplikasi apa? Pasti susah ya?’. Tentu saja tidak, karena hanya mengandalkan apa yang sudah pernah dipelajari sedikit-sedikit melalui teman. Tidak terlalu susah, tidak terlalu mudah juga.

Jurnalisme Multimedia juga mengenalkan banyak hal baru dalam dunia multimedia. Tidak hanya soal teknis, melainkan soal teori atau konsep pemahaman sebuah materi. Hal ini menarik, karena diskusi mengenai materi dilakukan setelah pengerjaan tugas. Metode tersebut kemudian dapat diambil kesimpulan sebagai bentuk learning by doing. Ketika menulis artikel, mahasiswa harus memahami terlebih dahulu topik atau materinya dari beberapa sumber. Keesokannya akan ditulis pada laman media daring atau media sosial. Minggu berikutnya akan dikoreksi oleh teman dan pengajar. Diskusi terjalin antar mahasiswa dan mahasiswa dengan pengajar. Maka, kegiatan belajar ini membuat mahasiswa mengasah cara berpikir kritis dan jeli hingga nantinya akan dikoreksi dengan acuan yang tepat.

Jurnalisme Multimedia mengajarkan banyak teknik menulis daring yang baik. Kesimpulan yang selalu bisa diambil adalah menulis dengan sederhana dan bercerita. Dua pedoman yang harus dipegang dan penulis wajib menerapkannya. Ketika menulis, audiens akan dibayangkan dengan cara mencoba membaca hasil tulisan dengan bercerita. Penulisan multimedia tidak bisa sekedar menulis di media daring dan selesai. Penulis juga harus memikirkan akan diberi ilustrasi seperti apa yang tepat agar pembaca tidak bosan serta segera paham. Video singkat? Foto bercerita? Audio yang berisi dialog atau monolog? Mana yang dirasa tepat untuk artikel? Ya, kembali dengan keinginan penulis itu sendiri.

Jurnalisme Multimedia memberikan beberapa kata kunci yang benar melekat ketika kelas berlangsung. Sebut saja artikel dengan tiga bentuk media pelengkap. Harus tiga bukan dua saja. Tiga media menjadi kunci dari kelayakan sebuah artikel masuk ke dalam kategori multimedia. Kata kunci lainnya internet, jurnalisme bercerita, media daring, dan media baru. Kata-kata kunci itu memiliki kaitan dengan Jurnalisme Multimedia apda topik tertentu walau tidak secara langsung. Internet menjadi tempat jurnalisme multimedia disebarkan. Jurnalisme multimedia adalah jurnalisme yang bercerita. Pada era digital, jurnalisme multimedia khas dengan media daring dan media baru.

Beberapa penugasan Jurnalisme Multimedia, terdapat beberapa tugas favorit yang cukup membanggakan secara pribadi. Dari enam kali penulisan artikel di media daring, satu diantarnya mendapatkan title sebagai Artikel Pilihan. Selain itu, topik yang digunakan cukup menggugah hati penulis sejak awal. Artikel tersebut memiliki judul Proyek Jurassic Park, Sebuah Penggarapan Berlatar Bisnis di Taman Nasional Habitat Komodo yang Ditolak Warga Lokal. Ketika mengerjakan ini, penulis menggunakan metode menyunting artikel lansiran. Selain itu, penulis menaruh hati lebih dibandingkan tugas yang lain karena adanya rasa jengkel yang sama dengan warga lokal dalam artikel. Melalui artikel terebut, penulis berharap mendapat balasan dari pembaca mengenai nasib para komodo. Hingga pada akhirnya, sebuah notifikasi komentar menjadi tolak ukur keberhasilan artikel yang melansir berita berbahasa Inggris ini.

Tugas lain yang menjadi favorit berikutnya adalah foto jurnalistik bercerita. Dari proses pemilihan tema hingga melihat komentar serta like dari pengguna Instagram menjadi hal asyik ketika itu menjadi tugas. Pada dasarnya, memotret atau mengabadikan momen tematik dan mengunggahnya di media sosial pribadi sudah biasa dilakukan. Namun, ketika ini menjadi tanggungjawab tugas memang lain rasanya. Sesekali merasa ciut dengan hasil potret dan penulisan luar biasa oleh teman kelas lainnya. Melihat komentar yang beragam dan pengguna Intagram menggaburkan rasa malu itu dan memotivasi diri untuk bisa mengabadikan momen lebih baik lagi. Tidak sia-sia sore beberapa waktu sebelumnya penulis mendatangi beberapa Ibu yang sedang merawat dengan penuh sayang tanamannya.

Jurnalisme Multimedia menjadi bekal dasar yang krusial untuk mereka yang ingin bekerja atau memiliki profesi di dunia jurnalistik. Terlebih bagi mereka yang ingin menekuni dunia menulis dalam era baru, era multimedia. Seiring dengan bertambahnya bentuk-bentuk media yang lebih berwarna, jurnalis memang dituntut lebih ­multitalent dalam membuat juralisme multimedia. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dilatih untuk bisa apa saja untuk memproduksi satu artikel saja. Benar, yang dihasilkan memang hanya satu artikel. Namun yang dibutuhkan adalah beberapa hari dan beberapa kemampuan seorang jurnalis. Itu semua, sudaha saya dapatkan selama pembelajaran ini.

Tugas Individu JMM

Video Jurnalisme: https://www.instagram.com/p/CIOU7POhoTi/

Foto Jurnalisme: https://www.instagram.com/p/CHqb4TKBr5e/

Artikel UTS:

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5f96064c8ede48792e5f0412/banjir-informasi-keberlimpahan-informasi-homogen-yang-membingungkan-dan-sebuah-keluhan-untuk-media-online

Artikel Kompasiana:

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5faa4ba38ede4808d71fb8b2/proyek-jurassic-park-sebuah-penggarapan-berlatar-bisnis-di-taman-nasional-habitat-komodo-yang-ditolak-warga-lokal

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5f69875edd39434cea142b79/media-online-jerman-berkembang-pesat-menyisihkan-media-cetak

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5f604dd7d541df12006e5e32/dua-jenis-aktivitas-jurnalistik-yang-jelas-berbeda-satu-sama-lain-jurnalisme-online-dan-jurnalisme-multimedia

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5f568ef9097f3674b91f0142/mari-mengupas-karakteristik-media-baru-menganalisa-salah-satu-media-digital-lokal

https://www.kompasiana.com/genovevasekar/5f4dccb6d541df0f0828f653/berkenalan-dengan-internet-lahir-di-tengah-medan-perang-berkembang-menjadi-yang-paling-disayang-oleh-masyarakat

Vinka Kristy

180906566

            Selama satu semester ini saya mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu baru yang saya dapatkan di mata kuliah Jurnalisme Multimedia ini. Salah satunya ialah seperti mengedit video, membuat tulisan di kompasiana, dan juga bagaimana caranya melakukan liputan. Hasil liputan tidak hanya berupa tulisan yang dikirimkan ke kompasiana, namun juga dibuat dalam beberapa versi seperti video maupun audio.

            Selain itu, saya menjadi lebih tahu perkembangan berita yang saat ini sedang populer di berbagai media sosial. Pembuatan berita yang melalui berbagai media/platform tersebut juga memberikan tantangan kepada kami untuk bisa memuat berita ke berbagai platform tersebut. Sehingga, saya berharap jurnalisme multimedia kedepannya dapat memberikan ilmu yang lebih mendalam kepada adik-adik agar mereka lebih memahami jurnalisme multimedia itu seperti apa.

Tugas Individu

Link tugas kompasiana:

  1. Perkembangan internet dan jurnalisme online di dunia dan Indonesia (views: 322) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5f492338097f3671bf4d25a2/perkembangan-internet-dan-jurnalisme-online-di-dunia-dan-indonesia
  2. Media baru dan karakteristiknya (views: 203) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5f549a1a097f36164c2041f2/mengenal-media-baru-dan-karakteristiknya-pada-kalteng-pos
  3. Perbedaan jurnalisme online dan multimedia (views: 201) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5f5f84c1d541df709c0d1172/melihat-perbedaan-jurnalisme-online-dan-jurnalisme-multimedia
  4. Sejarah media online asing (views: 354) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5f661b75097f365a163a4af2/menelusuri-sejarah-media-online-the-korea-times
  5. UTS mengenai Line Today dan Teknologi AiRS dalam Mencegah Berita Hoax (views: 675) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5f9182e7d541df649e5e5742/fitur-terbaru-pada-line-today-dalam-mencegah-berita-hoax
  6. Liputan dari berita asing (vice.com) (views: 342) https://www.kompasiana.com/vinkakristy/5faa2856d541df7d1252e212/masyarakat-asia-yang-menantikan-hasil-pemilu-as

Link tugas anchor:

https://anchor.fm/vinka-kristy-andriani/episodes/Berita-Terkini-Masyarakat-Asia-Cemas-dengan-Hasil-Pemilu-AS-em8010

Link tugas photo story:

https://www.instagram.com/p/CHqMNezp-hw/

Link tugas video story (views: 29)

Ignasia Dyah M. Pramono

180906655

            Banyak hal yang saya pelajari selama satu semester dalam mengikuti mata kuliah Jurnalisme Multimedia, pada awalnya saya hanya mengetahui bahwa jurnalisme multimedia itu hanya meliputi minimal dua atau lebih media, namun saya akhirnya mengetahui bahwa jurnalisme multimedia meliputi minimal tiga atau lebih media. Selain itu, pada awalnya saya tidak mengerti bagaimana menulis di media online, tulisan saya yang awalnya sangat sangat berantakan, padat dan kurang jelas intinya sekarang sudah mulai tersusun rapih, paragrafnya jadi tidak terlalu padat dan menemukan cara bagaimana menunjukan inti dari tulisan.

            Saya juga belajar mengenai photo story, bahkan foto yang saya unggah di Instagram mendapatkan masukan dari Mas Oskar, saya mendapat pelajaran bagaimana suatu foto harus tetap mengandung human interest sehingga membuat foto itu menjadi hidup dan yang terakhir saya dapat membuat video seperti di Instagram @bbcindonesia, hal tersebut merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi saya, karena menambah skill baru untuk saya.

Tugas Individu JMM

Kompasiana

Perjalanan dan Kisah “Internet” hingga Jurnalisme Multimedia (123 view)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5f4d174e097f3655275a5b62/perjalanan-dan-kisah-internet-hingga-jurnalisme-online

Akurat.co sebagai New Media (106 view)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5f562dc7097f3679f227b2f2/akurat-co-sebagai-new-media

Jurnalisme Online versus Jurnalisme Multimedia (77 view)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5f5f5d6b097f36420d1c3bd2/jurnalisme-online-versus-jurnalisme-media

Menilik Perkembangan Media Online di Korea Selatan (227 view)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5f689854d541df7cbc6f16f2/menilik-perkembangan-media-online-di-korea-selatan

Problem Etika dalam Jurnalisme Online (85 view)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5f952cbfd541df74ce2b2882/problem-etika-dalam-jurnalisme-online

Warga Amerika yang Terpapar Covid-19 Tetap Bisa Memilih (27 View)

https://www.kompasiana.com/ignasia41773/5fa9f8538ede48091b12b263/warga-amerika-yang-terpapar-covid-19-tetap-bisa-memilih

Anchor

Warga Amerika yang Terpapar Covid-19 Tetap Bisa Memilih

https://anchor.fm/niken-pramono/episodes/Warga-Amerika-Serikat-yang-Terpapar-Covid-19-Tetap-Bisa-Memilih-em7c59

Instagram

Pandemi Ikan (Photo Story)

https://www.instagram.com/p/CHqWF3RHecU/

Ikon Bersejarah Jogja Kembali Direnovasi (Video mirip @bbcindonesia)

https://www.instagram.com/p/CINZveVHSVq/